Wow! Jembatan ini Akan Menghubungkan Indonesia dan Singapura

Wow! Jembatan ini Akan Menghubungkan Indonesia dan Singapura
Share
Beredar kabar bahwa pemerintah akan merencanakan proyek yang cukup besar di tahun 2020 mendatang. Pemerintah Indonesia berencana akan membangun sebuah jembatan laut yang akan menghubungkan Indonesia dengan daratan Singapura.


Jembatan Penghubung Indonesia - Singapura

Setelah sukses dengan pembangunan jembatan Suramadu yang menghubungkan kota Surabaya dan Madura ini, tahun depan pemerintah berencana membangun jembatan penghubung antara Indonesia dan Singapura.

Menurut laporan dari The Star, Kamis (11/7/2019), jembatan laut tersebut akan memiliki panjang 7 kilometer dan menghubungkan Batam dengan Bintan. Perkiraan dana yang akan dikeluarkan dalam proyek besar ini sekitar Rp 4 triliun dan diprediksi akan memakan waktu pembangunan selama tiga hingga empat tahun.

Kementerian Pekerjaan Umum RI tengah mengkaji lebih lanjut serta merancang struktur jembatan yang ditargetkan akan selesai di akhir tahun 2019 ini. Berdasarkan laporan dari Channel News Asia, proyek jembatan ini sudah diperkenalkan sejak tahun 2005 silam dan akan dimulai pada tahun 2020 mendatang.

Tujuan Pembangunan Jembatan

Pemerintah Indonesia melihat Batam memiliki potensi investasi mencapai USD 60 miliar atau setara dengan Rp 843 triliun. Melalui pembangunan jembatan laut ini, pemerintah Indonesia ingin kembali menegaskan Batam sebagai jalur alternatif untuk pengiriman dan manufaktur antar Singapura Indonesia.

Tak hanya itu, pemerintah Indonesia juga mengharapkan adanya jembatan pengubung Singapura-Indonesia ini akan memangkas biaya logistik, meningkatkan konektivitas, serta meningkatkan pariwisata di daerah tersebut.

Indonesia kini tengah berupaya untuk mengembangkan wilayah Batam untuk menarik potensi dari perang dagang antara AS dan China, sebagaimana yang dikatakan oleh Edy Putra Irawady, kepala Badan Pengembangan Batam.

Tak hanya memberikan keuntungan bagi Indonesia, jembatan yang akan dibangun ini pun akan melengkapi usaha Singapura untuk meningkatkan lalu lintas penumpang transportasi udara dengan membangun terminal kelima yang menuju Bandara Changi.

Jembatan Laut Terpanjang di Dunia di Cina


Berbicara mengenai jembatan laut, China adalah satu-satunya negara yang memiliki jembatan laut dengan panjang mencapai 55 kilometer. Baru diresmikan pada 23 Oktober 2018, jembatan laut terpanjang di dunia itu menghubungkan pusat keuangan Hong Kong, Macau, dan kawasan metropolitan Pearl River Delta.

Dikutip dari Reuters, jembatan tersebut memiliki terowongan sepanjang 6,7 kilometer yang menghubungkan beberapa pulau buatan Cina yang berada di Laut Cina Selatan. Wakil Perdana Menteri Cina, Han Zheng, mengatakan bahwa jembatan ini nantinya akan membantu perkembangan wilayah Greater Bay Area yang berada di sekitar Pearl River Delta sebagaimana San Fransisco Bay dan Tokyo Bay.

Pembangunan jembatan laut yang akan dilaksanakan pemerintah Indonesia tentu belum secanggih jembatan laut yang dibangun oleh Cina tersebut, namun tujuan dari pembangunannya pun sama, yakni mengembangkan suatu wilayah tertentu, dalam hal ini adalah wilayah Batam. Selain itu, pemerintah pun sedang mengkaji kemungkinan menghubungkan Semenanjung Malaysia dengan Pulau Sumatra.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel